Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Lampung Tahun 2024 Dipusatkan di MAN 1 Bandar Lampung


Sigerindo, Bandar Lampung---Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Provinsi Lampung Tahun 2024 dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandar Lampung. Seluruh peserta tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah dari kabupaten/kota se Lampung akan memperebutkan tiket juara untuk bertanding ke tingkat Nasional di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Kompetisi Sains Madrasah atau KSM merupakan olimpiadenya siswa madrasah pada tingkat SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA untuk membuktikan kapasitasnya dibidang akademisnya termasuk ilmu-ilmu keagamaan. Bedanya KSM ini mata pelajaran yang diuji terintegrasi dikaitkan dengan Al-Qur’an dan Hadists.  Jadi anak tidak hanya pandai Matematika saja tetapi di lapangan juga pandai ajaran ke-Islaman tentang ilmu-ilmu di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Dan anak juga tidak hanya pandai berbahasa Indonesia, juga bisa berbahasa Arab dan berbahasa Inggris. Jadi sangat lengkap dan terintegrasi. Anak-anak Madrasah ini memang disiapkan untuk menghadapi tantangan zaman ke depan, harus pandai berbahasa asing dan memiliki pengetahuan,” kata Kepala MAN 1 Bandar Lampung, Hi.Lukman Hakim, S.Pd. M.M, di ruang kerjanya, Jum’at (2/8).

Hal ini sesuai dengan tagline terbaru di kementrian agama yakni Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia. Soal target, kata Lukman, siapapun yang berlomba tentunya ingin juara satu, apalagi KSM ini tidak hanya diikuti oleh madrasah juga sekolah umum. Khusus MAN 1 Bandar Lampung, lanjut Lukman Hakim, pihaknya telah melakukan persiapan di awal-awal tahun dengan menseleksi siswa di tingkat sekolah pada setiap mata pelajaran yang dilombakan, kita juga bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk dosen untuk bisa melatih siswa. “InsyaAllah upaya kita maksimal untuk mencari bibit-bibit stimulant, karena memang soal-soal yang diberikan beberapa level diatas pelajaran anak SMA, kelasnya sudah analisis,” katanya.

Saat ditanya soal prestasi MAN1 Bandar Lampung, Lukman Hakin mengatakan pihaknya pada tahun sebelumnya pada mata pelajaran Geografi, MAN1 Bandar Lampung mendapat juara dua nasional, tahun ini kita sedang berjuang di mata pelajaran Fisika pada tingkat Provinsi. “Satu lagi tahun ini kami juga sedang menambah satu tim penelitian Madrasah Young Research Supercam atau peneliti muda yang dipersiapkan untuk mampu menjadi peneliti yang sesungguhnya sesuai dengan programnya MAN 1 Bandar Lampung menuju madrasah riset. Hal ini sesuai dengan disertasi yang saya kembangkan juga tentang madrasah riset. “

Seperti diketahui, KSM tahun 2024 tingkat Provinsi Lampung resmi dibuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandar Lampung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik didampingi Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Ganjar Jationo mewakili Pj Gubernur Lampung, Samsudin dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Lampung mendukung penuh dan memberikan apresiasi kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung atas terselenggaranya Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Lampung tahun 2024.

Sedangkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo berharap KSM di tingkat Nasional tahun 2024 ini Lampung dapat meraih urutan ke-2 setelah di tahun 2023 meraih urutan ke-4. (THR)

BERITA TERBARU