Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemprov Lampung Upaya Pengembangan Subsektor Peternakan Melalui Peningkatan SDM Peternakan Kesehatan Hewan Serta Hilirisasi Produk Peternakan

Sigerindo Bandar Lampung -- Samsudin Pj Gubernur Provinsi Lampung menjadi lnspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bulanan dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung bertempat di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur, Rabu 17/07/24

Penjabat Gubernur Provinsi Lampung, Samsudin dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa subsektor peternakan menjadi salah satu komponen yang berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung.

"Terlihat dari laju pertumbuhan PDRB subsektor peternakan yang tertinggi dibandingkan subsektor lainnya pada sektor pertanian dengan pertumbuhan sebesar 7,01% pada tahun 2023," ungkapnya.

Samsudin melanjutkan bahwa peningkatan jumlah penduduk turut andil dalam peningkatan konsumsi protein hewani sehingga hal ini menjadi peluang bagi sektor pertanian dan khususnya subsektor peternakan untuk terus berkembang yang diwujudkan melalui peningkatan SDM peternakan dan kesehatan hewan serta hilirisasi produk peternakan.

Dalam upaya mendukung peningkatan populasi dan produksi ternak, Samsudin juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi prioritas di Tahun 2024, antara lain :

1. SIKOMANDAN (Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri), dari program SIKOMANDAN sampai dengan Juni telah lahir pedet (anak sapi) sebanyak 70.517 ekor.
2. Pengembangan potensi pakan melalui optimalisasi teknologi pengolahan pakan serta pengawasan dan pemeriksaan mutu pakan.
3. Pengembangan kawasan korporasi peternakan, yang diharapkan dapat meningkatkan nilai produksi dengan adanya sinergi dan kolaborasi antar pihak dari hulu sampai ke hilir dan program prioritas lainnya.

Samsudin Pj Gubernur Lampung dalam hal ini juga menekankan nilai-nilai perilaku kerja prestatif yang harus menjadi landasan setiap langkah dalam menjalankan program pemerintah dan pembangunan.

"Kerja prestatif bukanlah sekadar sebuah konsep, tetapi sebuah komitmen untuk bekerja dengan ikhlas, cerdas, keras, dan tuntas. Dengan menjalankan nilai-nilai ini, saya yakin kita tidak hanya akan menjadi ASN yang unggul secara individu tetapi juga akan membawa dampak positif yang besar bagi perkembangan Provinsi Lampung," pesanya

Samsudin mengatakan bahwa peran Aparatur Sipil Negara (ASN) semakin krusial dalam mendukung penyerapan anggaran daerah dan kualitas pelayanan publik.

"Saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan betapa pentingnya peran kita dalam memastikan penyerapan anggaran ini berjalan lancar dan efisien. Sebagai ASN yang bertanggung jawab, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas pelayanan publik yang terdelivered (tersampaikan) dengan integritas, transparansi, dan akuntabilitas dalam setiap langkah kita," tandasnya
BERITA TERBARU