Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semarak Bulan Merdeka Belajar di Provinsi Lampung Tahun 2024




Sigerindo, Bandar Lampung– Dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung bersama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Lampung, Kantor Bahasa Provinsi Lampung dan Universitas Lampung menggelar Semarak Bulan Merdeka Belajar yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Hardiknas Tahun 2024 dengan tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”. Penyelenggaraan Semarak Bulan Merdeka Belajar dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai Jumat s.d. Minggu tanggal 31 Mei s.d. 2 Juni 2024 di BPMP Provinsi Lampung.
Beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan acara tersebut, diantaranya gelar wicara, lomba mewarnai untuk PAUD dan SD, lomba bercerita Bahasa Lampung, pameran hasil karya pendikan berupa produk inovasi dari satuan pendidikan hasil Projek Profil Pelajar Pancasila, Merdeka Belajar Run, Senam Lampung Berjaya dan Senam Sekolah Sehat.
Pembukaan Semarak Bulan Merdeka Belajar dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Tommy Efra Handarta, S.STP., M.Si. mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Dekan FKIP Prof. Dr. Sunyono, M.Si. mewakili Rektor Universitas Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung, Dra. Suriatanti Supriyadi., M. Si., Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Desi Ari Pressanti, S.S., M. Hum, Kasubbag Umum BPMP Lampung Muhammad Syafran, S.T., M.M., Kasubbag BGP Provinsi Lampung Iswandi, S.H., M.M., Perwakilan BAN PAUD Dikdasmen, Kepala Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, Penggiat Literasi, dan segenap tamu undangan.
Acara dimulai dengan tari kreasi Bedana Kipas, tari menyambut tamu kehormatan dari Sanggar Bunga Mayang Bandar Lampung, dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh kepala BPMP Provinsi Lampung, Dr. Khairullah, S. Pd., M.Pd. kepada segenap tamu undangan.
Dalam sambutannya, Kepala BPMP Provinsi Lampung menyampaikan pesan bahwa Program Merdeka Belajar merupakan transformasi pendidikan yang diawali dengan Perencanaan Berbasis Data (PBD) dengan melakukan kolaborasi antara Kemendikbudristek dan Kemendagri dalam memenuhi Indikator Kinerja Utama, sehingga pemerintah daerah di Provinsi Lampung diharapkan terus berkomitmen dalam mendukung program prioritas Kemendikbudristek.
Pembukaan secara resmi Semarak Bulan Merdeka Belajar di BPMP Provinsi Lampung ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Lampung “Cetik” secara bersama-sama oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Tommy Efra Handarta, S.STP., M.Si. dan Dekan FKIP Universitas Lampung, Prof. Dr. Sunyono, M.Si. didampingi oleh Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, Kepala Balai Guru Penggerak dan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung.
Terlaksananya kegiatan Semarak Bulan Merdeka Belajar ini berkat kolaborasi UPT Kemendikbudristek di Provinsi Lampung serta dukungan dari pemerintah daerah; mitra; komunitas; pegiat pendidikan, seni, dan budaya, serta pemangku kepentingan lainnya.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar antara UPT Kemendikbudristek, pemerintah daerah, mitra pembangunan, serta masyarakat umum dalam meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Lampung.
Kepala BPMP Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berharap kegiatan ini menjadi kontribusi produktif untuk pendidikan yang lebih baik.

BERITA TERBARU