Menguak mitos Harimau Kerinci
Sigerindo, Kerinci - Harimau kerinci bukan saja sekadar legenda dan mitos yang berkembang atau cerita dari mulut atau karangan belaka
Menelisik kejadian Dikabupaten kerinci tahun 1977 harimau memangsa ternak masyarakat dan dinilai membuat onar dan menakuti-nakuti masyarakat. Akibatnya, harimau ditahun 1977 ditembak.Selang beberapa ditemukan adanya dugaan perselingkuhan warga desa Masqo yang merupakan perladangan
"Memang peristiwa,penembakan Harimau tahun 1977, memang ada.Karena harimau memangsa tiba tiba binatang ternak, Kambing atau Anjing masyarakat desa Masgo, akhir ditembak “Kata Daswarsa dalam sebuah bincang, Namun selang beberapa waktu ditemukan dugaan perselingkuhan atau perzinahan diperladangan didesa Masgo”
"Setelah beberapa hari penembakan ditemukan dugaan perzinahan diperladangan di desa Masqo”. tambah Daswarsa
Sekitar Tahun 2018 dides Tanjung Syam juga muncul harimau,memangsa sapi warga,Bagi masyarakat tradisional paham betul.
Bukan kejadian biasa bila harimau memasuki kampung.Pasti ada kejadian perzinahan Hanya masyarakat amat pandai menyimpan rahasia.Motif yang sama
Mitos dan legenda yang berkembang bahwa kejadian Harimau hutan marah adalah urusan perzinahan
Biasanya, bila terjadi perzinahan, Harimau makan sapi atau makan kambing adalah sinyal besar bagi masyarakat tradisional pedesaan
Biasanya para depati,penguasa adat dan hulu balang segera melakukan penyidikan.Karena ninek atau sibelang sudah Marah.Pasti ada sesuatu.
Ditelisik.Maka akan muncul informasi perzinahan atau perselingkuhan.Maka akan diselesaikan secara adat atau didenda orang yang berbuat atau diusir sepanjang adat.
Bagi masyarakat tradisional percaya dan menyakini bahwa bila Harimau,memasuki kampung mereka adalah, Harimau itu adalah polisi penunggu batas wilayah
"Harimau dipercaya bila dihutan sebagai sahabat.Bila ada masyarakat tersesat akan muncul memberi jejak kaki untuk diikuti sampai menemukan kembali jalan pulang"Ujar zasya,warga Tamia
Tiap wilayah memiliki nama nama Harimau Masing-Masing diPulau Sangkar ada Harimau dengan sebutan,Tapak Liba,Serintik ujan Paneh.Dan ada juga sebutan Harimau Tingkes( tengkak)
Sebelum sebagian rimbo Kerinci menjadi Taman nasional kerinci Seblat.Orang Kerinci sudah memiliki keilmuan tentang Harimau yang dihebohkan sekarang
Betapa tidak, persahabatan manusia dengan Harimau dan komunikasi yang baik dan jallinan persahabatan pun telah ada
Himawan (89) warg Sanggaran Agung Kerinci mengakui persahabatan dirinya dengan harimau terjalin baik dan menjadi tunggangan perjalanan jauh
"Saya cukup lama bersahabat dengan ninek imbo,saya hapal hutan dan wilayah perjalanan bersama Harimau di Kerinci"ujar dalam sebuah wawancara
Memanggilnya amat mudah dengan hentak kaki tiga kali dan bakar kemenyan.Ia akan datang dengan segera disuatu tempat haltenya dihutan
"Dengan hentak kaki tiga kali dan bakar kemenyan, insyaallah akan datang.Saya menyebut memangil sahabat"tambahnya tanpa memberi mantranya
Perjalanan dimulai, dengan membelakangi kita,sebagai sang ayah kita mengendong kita dari arah punggung Ia mengikat kita dengan ekor.Kita pegang Seperti naik kuda.
"Mulai dari Gunung Raya,Renah kayu embun,Gunung Kunyit, lempur dan Pulau sangkar dan tidak jauh dari Talago darah pulau sangkar telah dilewatinya bersama Harimau Kerinci"pungkasnya
Cerita berkembang pada mistis kegaiban dialami Ani(35) warga Lulo Gedang 2010 ikut naik Harimau dalam sebuah kendurisko di gunung kunyit,dekat Gunung Raya.
Sebenarnya, Gunung Kunyit, dilokasi ini adalah hutan Rimbo,awalnya moyang Orang lulo kerinci berkembang.
Digunung kunyit ini ada pernikahan Indranbangsawansyah dari kerajaan Mataram dengan Dewi bernama Mandari.
Kembali diceritakan,kala sore jelang magrib,Ketika mengambil jemuran anak yang baru berumur beberapa hari.Tiba tiba ada beberapa wanita cantik lewat mengajaknya untuk ikut kendurisko di gunung kunyit.
Tanpa pikir panjang.Karena belakang rumah hutan atau semak-semak setelah meletakkan kain anaknya, langsung belakang rumah dan langsung pergi naik Harimau bersama teman
"Sesudah angkat jemuran senja kala dan meletakkan langsung berangkat kebetulan rumah saya belakangnya hutan atau semak"ujarnya
Digunung kunyit, orang lagi Pesta, Kendurisko,Ani yang berangkat saat magrib pulang jam 1 malam dini hari
"Digunung kunyit pesta kendurisko,amat meriah"imbuhnya
Tidak ada rasa jangkal dan takut."Waktu kita naik mau berangkat,saya tidak melihat sosok wajah Harimau.Hanya wajah membelakangi kita naik seperti gendong dengan ayah kita,saya dililit dengan ekornya dan kecepatan luar biasa"timpalnya menerangkan
Aneh, Pulang jam 1 malam dini hari.Karena anaknya yang baru lahir baru beberapa hari menangis.Karena mau menyusui
Inisiatif keluarga,tanpa sepengetahuan keluarga Ani berangkat,orang sekampung kehilangan dan mau mencarinya
"Untuk, memangil pulang Ani ini melalui Supranatural,bakar kemenyan, Akhirnya pulang, dengan selamat, Ujar Ratna.
Ani, membenarkan,ada komunikasi orang memanggil saya pulang.Saya sedang asik menyaksikan acara.
"Saya minta permisi dengan para dewa Dewi Gunung Kunyit,saya diizinkan pulang.Kembali naik Harimau,tetap tidak menampakan wajah depan, kecepatan luar biasa"tambahnya.
Harun Nahri,Pawang Harimau Kerinci, yang membangun tradisi dan amat menghormati harimau yang mati dibunyikan paragokan
"Harimau yang mati dihormati agar tidak mengangu...nek moyang tingkaih, ngak bugle Mangku Gunung Rayo Uuu...nek sarintak ujoa panah, ngak bugle Panglimo Tangkaih
Uuu...hulubalo tigea badoa sebatoa wujudnya tigea
pengganti, taring diganti dengan belati, kuku diganti dengan pedang, ekor diganti dengan tombak, suara diganti dengan tembakan gong, warna mata adalah diganti dengan kelopak,
Bahkan Harun menyebutkan,makna Auman harimau dengan kata aummm artinya jangan ganggu kami.Auman kedua panjang, dengan makna jangan rusak istana kami.Auaman ketiga lebih panjang,Kami musnah engkau juga musnah.
Penampakan konflik manusia dan harimau bukan masalah baru.Didesa Selampaung juga muncul anak Harimau,memangsa Mintaria
"Saya sedang bekerja,anak Harimau mengejar saya, Karena kaki saya digigit,saya cabut golok.saya golok dan lepas dari gigitan dan masuk rumah sakit'"ujarnya
Aneh,ada petugas datang dan bawa hp menanyakan ciri_cirinya dan dijelaskan
"Ada petugas datang tanya ciri_ciri seraya memberikan gambar di hpnya,dalam batin apa harimau ini peliharaan yang di lepas,"tambahnya.
Dalam lain,Harimau kerinci,tak banyak mengenal benda.Hanya mengenal makanan hutannya, seperti,babi dan rusa
"Ada Harimau mengenal barang bawaan, seperti tas atau tas kresek dan benda lainya.itu membuat heran.Malah melihat benda barang bawaan malah mengejar nya"tambah Harun Nahri.
Harimau tetaplah menjadi cerita menarik.Antara Harimau dalam versi mistis dan mitos
Menyatukan antara mitos dan mistis membuat kehilangan akal sehat.Tiada dan ada.Itulah Kerinci,tetap memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.
Menelisik kejadian Dikabupaten kerinci tahun 1977 harimau memangsa ternak masyarakat dan dinilai membuat onar dan menakuti-nakuti masyarakat. Akibatnya, harimau ditahun 1977 ditembak.Selang beberapa ditemukan adanya dugaan perselingkuhan warga desa Masqo yang merupakan perladangan
"Memang peristiwa,penembakan Harimau tahun 1977, memang ada.Karena harimau memangsa tiba tiba binatang ternak, Kambing atau Anjing masyarakat desa Masgo, akhir ditembak “Kata Daswarsa dalam sebuah bincang, Namun selang beberapa waktu ditemukan dugaan perselingkuhan atau perzinahan diperladangan didesa Masgo”
"Setelah beberapa hari penembakan ditemukan dugaan perzinahan diperladangan di desa Masqo”. tambah Daswarsa
Sekitar Tahun 2018 dides Tanjung Syam juga muncul harimau,memangsa sapi warga,Bagi masyarakat tradisional paham betul.
Bukan kejadian biasa bila harimau memasuki kampung.Pasti ada kejadian perzinahan Hanya masyarakat amat pandai menyimpan rahasia.Motif yang sama
Mitos dan legenda yang berkembang bahwa kejadian Harimau hutan marah adalah urusan perzinahan
Biasanya, bila terjadi perzinahan, Harimau makan sapi atau makan kambing adalah sinyal besar bagi masyarakat tradisional pedesaan
Biasanya para depati,penguasa adat dan hulu balang segera melakukan penyidikan.Karena ninek atau sibelang sudah Marah.Pasti ada sesuatu.
Ditelisik.Maka akan muncul informasi perzinahan atau perselingkuhan.Maka akan diselesaikan secara adat atau didenda orang yang berbuat atau diusir sepanjang adat.
Bagi masyarakat tradisional percaya dan menyakini bahwa bila Harimau,memasuki kampung mereka adalah, Harimau itu adalah polisi penunggu batas wilayah
"Harimau dipercaya bila dihutan sebagai sahabat.Bila ada masyarakat tersesat akan muncul memberi jejak kaki untuk diikuti sampai menemukan kembali jalan pulang"Ujar zasya,warga Tamia
Tiap wilayah memiliki nama nama Harimau Masing-Masing diPulau Sangkar ada Harimau dengan sebutan,Tapak Liba,Serintik ujan Paneh.Dan ada juga sebutan Harimau Tingkes( tengkak)
Sebelum sebagian rimbo Kerinci menjadi Taman nasional kerinci Seblat.Orang Kerinci sudah memiliki keilmuan tentang Harimau yang dihebohkan sekarang
Betapa tidak, persahabatan manusia dengan Harimau dan komunikasi yang baik dan jallinan persahabatan pun telah ada
Himawan (89) warg Sanggaran Agung Kerinci mengakui persahabatan dirinya dengan harimau terjalin baik dan menjadi tunggangan perjalanan jauh
"Saya cukup lama bersahabat dengan ninek imbo,saya hapal hutan dan wilayah perjalanan bersama Harimau di Kerinci"ujar dalam sebuah wawancara
Memanggilnya amat mudah dengan hentak kaki tiga kali dan bakar kemenyan.Ia akan datang dengan segera disuatu tempat haltenya dihutan
"Dengan hentak kaki tiga kali dan bakar kemenyan, insyaallah akan datang.Saya menyebut memangil sahabat"tambahnya tanpa memberi mantranya
Perjalanan dimulai, dengan membelakangi kita,sebagai sang ayah kita mengendong kita dari arah punggung Ia mengikat kita dengan ekor.Kita pegang Seperti naik kuda.
"Mulai dari Gunung Raya,Renah kayu embun,Gunung Kunyit, lempur dan Pulau sangkar dan tidak jauh dari Talago darah pulau sangkar telah dilewatinya bersama Harimau Kerinci"pungkasnya
Cerita berkembang pada mistis kegaiban dialami Ani(35) warga Lulo Gedang 2010 ikut naik Harimau dalam sebuah kendurisko di gunung kunyit,dekat Gunung Raya.
Sebenarnya, Gunung Kunyit, dilokasi ini adalah hutan Rimbo,awalnya moyang Orang lulo kerinci berkembang.
Digunung kunyit ini ada pernikahan Indranbangsawansyah dari kerajaan Mataram dengan Dewi bernama Mandari.
Kembali diceritakan,kala sore jelang magrib,Ketika mengambil jemuran anak yang baru berumur beberapa hari.Tiba tiba ada beberapa wanita cantik lewat mengajaknya untuk ikut kendurisko di gunung kunyit.
Tanpa pikir panjang.Karena belakang rumah hutan atau semak-semak setelah meletakkan kain anaknya, langsung belakang rumah dan langsung pergi naik Harimau bersama teman
"Sesudah angkat jemuran senja kala dan meletakkan langsung berangkat kebetulan rumah saya belakangnya hutan atau semak"ujarnya
Digunung kunyit, orang lagi Pesta, Kendurisko,Ani yang berangkat saat magrib pulang jam 1 malam dini hari
"Digunung kunyit pesta kendurisko,amat meriah"imbuhnya
Tidak ada rasa jangkal dan takut."Waktu kita naik mau berangkat,saya tidak melihat sosok wajah Harimau.Hanya wajah membelakangi kita naik seperti gendong dengan ayah kita,saya dililit dengan ekornya dan kecepatan luar biasa"timpalnya menerangkan
Aneh, Pulang jam 1 malam dini hari.Karena anaknya yang baru lahir baru beberapa hari menangis.Karena mau menyusui
Inisiatif keluarga,tanpa sepengetahuan keluarga Ani berangkat,orang sekampung kehilangan dan mau mencarinya
"Untuk, memangil pulang Ani ini melalui Supranatural,bakar kemenyan, Akhirnya pulang, dengan selamat, Ujar Ratna.
Ani, membenarkan,ada komunikasi orang memanggil saya pulang.Saya sedang asik menyaksikan acara.
"Saya minta permisi dengan para dewa Dewi Gunung Kunyit,saya diizinkan pulang.Kembali naik Harimau,tetap tidak menampakan wajah depan, kecepatan luar biasa"tambahnya.
Harun Nahri,Pawang Harimau Kerinci, yang membangun tradisi dan amat menghormati harimau yang mati dibunyikan paragokan
"Harimau yang mati dihormati agar tidak mengangu...nek moyang tingkaih, ngak bugle Mangku Gunung Rayo Uuu...nek sarintak ujoa panah, ngak bugle Panglimo Tangkaih
Uuu...hulubalo tigea badoa sebatoa wujudnya tigea
pengganti, taring diganti dengan belati, kuku diganti dengan pedang, ekor diganti dengan tombak, suara diganti dengan tembakan gong, warna mata adalah diganti dengan kelopak,
Bahkan Harun menyebutkan,makna Auman harimau dengan kata aummm artinya jangan ganggu kami.Auman kedua panjang, dengan makna jangan rusak istana kami.Auaman ketiga lebih panjang,Kami musnah engkau juga musnah.
Penampakan konflik manusia dan harimau bukan masalah baru.Didesa Selampaung juga muncul anak Harimau,memangsa Mintaria
"Saya sedang bekerja,anak Harimau mengejar saya, Karena kaki saya digigit,saya cabut golok.saya golok dan lepas dari gigitan dan masuk rumah sakit'"ujarnya
Aneh,ada petugas datang dan bawa hp menanyakan ciri_cirinya dan dijelaskan
"Ada petugas datang tanya ciri_ciri seraya memberikan gambar di hpnya,dalam batin apa harimau ini peliharaan yang di lepas,"tambahnya.
Dalam lain,Harimau kerinci,tak banyak mengenal benda.Hanya mengenal makanan hutannya, seperti,babi dan rusa
"Ada Harimau mengenal barang bawaan, seperti tas atau tas kresek dan benda lainya.itu membuat heran.Malah melihat benda barang bawaan malah mengejar nya"tambah Harun Nahri.
Harimau tetaplah menjadi cerita menarik.Antara Harimau dalam versi mistis dan mitos
Menyatukan antara mitos dan mistis membuat kehilangan akal sehat.Tiada dan ada.Itulah Kerinci,tetap memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.